Sabtu, 28 Mei 2011

Mahasiswa UII Peroleh Beasiswa PPA dan BBM Dari Kemendiknas

Universitas Islam Idonesia (UII) Yogyakarta, kembali memperoleh dana beasiswa bagi para mahasiswanya dari Kementrian Pendidikan Nasional yang disampaikan melalui Kantor Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta Wilayah V DI Yogyakarta dengan jumlah total sebesar Rp. 2,86 M. Beasiswa yang diberikan terdiri dari dua kategori, yakni Program Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) yang diberikan kepada mahasiswa berprestasi, dan lainnya pada kategori Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM) yang diberikan kepada mahasiswa dengan latar belakang ekonomi kurang mampu.
Ditemui diruang kerjanya, Wakil Rektor III UII Ir Bachnas, M.Sc. memaparkan, UII sendiri sudah memperoleh dana beasiswa ini sejak beberapa tahun yang lalu, dimana untuk tahun ini total keseluruhan mahasiswa yang memperoleh berjumlah 681 orang, dengan rincian penerima kategori PPA berjumlah 266 orang dan pada kategori BBM sejumlah 415 orang. Adapun teknis pemberian dilakukan setiap empat bulan dalam kurun waktu satu tahunnya, dimana setiap bulannya masing-masing mahasiswa menerima sebesar Rp. 350.000.-.Total secara keseluruhan yang diperoleh UII selama satu tahun sebesar Rp. 2,86 M.
Lebih lanjut, Ir. Bachnas. M.Sc menambahkan, program beasiswa yang diberikan oleh pemerintah melalui kementrian pendidikan nasional ini, merupakan wujud nyata kepedulian atas berlangsungnya proses pendidikan nasional dalam lingkup perguruan tinggi. “Merupakan suatu kesempatan yang diberikan oleh pemerintah sehingga mahasiswa tetap dapat melanjutkan proses studinya, dengan harapan program beasiswa seperti ini dapat terus ditingkatkan, bukan hanya kepada UII tetapi juga bagi mahasiswa di universitas lain sesuai dengan kategori yang telah ditetapkan”, ungkapnya.
Ir. Bachnas, M.Sc. sebagai Wakil Rektor yang membawahi bidang kemahasiswaan UII berharap kedepannya program beasiswa juga dapat diberikan oleh perusahaan bersekala besar. Mengingat bila kita cermati, bahwa sebagian besar kondisi ekonomi orang tua mahasiswa di berbagai universitas di Indonesia ini tergolong kategori ekonomi menengah kebawah, tidak jarang dijumpai mahasiswa yang berprestasi terganggu karena persoalan kemampuan dalam biaya.
Sementara itu secara internal, UII juga selalu menunjukkan kepeduliannya melalui berbagai program beasiswa yang diberikan kepada mahasiswanya.Program beasiswa yang telah berjalan diantaranya program pesantrenisasi, program beasiswa bagi mahasiswa yang orang tuanya tergolong kurang mampu, serta program beasiswa Kahar Mudzakkir dan Sardjito yang ditujukan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi cukup baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar