Rabu, 26 Mei 2010

Sehat Sih, Tapi Bikin Gemuk!

Anda pasti tahu, makanan yang mengandung kata “fried”’ itu menggemukkan. Nah, yang mengecoh ialah makanan yang dikenal dengan reputasi “sehat” namun malah membuat badan semakin melar.

Sushi Roll
Sayuran dan rumput laut pada sushi roll memang termasuk rendah kalori, namun sebagian besar sushi roll yang populer itu dilengkapi dengan cream cheese atau mayonnaise. Seafood yang digunakan juga terkadang sudah digoreng, misalnya tempura. Atau mungkin Anda penggemar sushi dengan kata crunchy dan crispy. Sudah pasti ada sesuatu yang digoreng kan dalam sushi yang Anda pesan ini? Dari bahan-bahan ini, satu porsi standar sushi roll bisa mengandung 500 hingga 600 kalori! Belum lagi soy sauce untuk menambah kelezatan.

Dried Fruit
Mendengar kata buah, mungkin otak kita secara instan memberi tanggapan ini adalah sesuatu yang baik untuk tubuh. Namun buah yang sudah dikeringkan ternyata memiliki kalori sebanyak lima hingga delapan kali buah segar. Karena buah ini sudah dikeringkan terlebih dahulu dan diberi tambahan gula atau perasa lainnya. Sebagai contoh, buah anggur segar memiliki 60 kalori, sedangkan satu cup kismis mengandung sekitar 460 kalori. See? Yang natural dan satu cupfresh memang selalu lebih baik!

Granola
Makanan satu ini diberi cap sebagai jenis kacang yang baik untuk tubuh. Tak heran bila akhirnya granola cukup digemari. Sayangnya, produsen yang menjual kacang ini kerap kali megolahnya dengan minyak agar lebih garing. Belum lagi banyaknya gula yang digunakan untuk membuat granola ini semakin yummi. Pas untuk kudapan kecil sembari menonton televisi. So ladies, sebisa mungkin, cari granola yang masih alami.

Bran Muffin
Jenis muffin yang ini memang lebih dipilih oleh mereka yang sedang diet. Karena bran, sejenis gandum,
memang kaya akan serat. Well, untuk mengurangi rasa bersalah, mungkin? Too bad, ada fakta berbeda di baliknya. Muffin ini baik dibuat dari plain bran atau dicampur dengan buah, seratnya memang mengenyangkan. Namun mengingat banyaknya gula dan mentega yang digunakan, bran muffin tetap saja memiliki kalori yang tinggi.

Teh Kemasan
Dear, sebagian besar teh kemasan yang dijual di pasaran itu menggunakan gula yang sangat banyak. Jadi jangan tanya berapa besar kalorinya. Satu botol teh kemasan kalorinya hampir sama dengan sebotol minuman bersoda, lho! Nah, ganti dengan teh seduh yang alami. Chamomile, jasmine, or rose tea? Fabulous!

Rice Cake
Cokelat, chips, dan cookies. Ah rasanya sulit untuk menolaknya. Sebagai alternatif, Anda pun menggantinya dengan rice cake. Snack ini memang rasanya lebih ringan, fat free, dan rendah kalori. Namun juga kurang memiliki kandungan serat dan protein. Padahal keduanya ini yang membantu mengurangi rasa lapar. Artinya, mengonsumsi dua hingga tiga rice cake tidak memberikan efek apapun pada tubuh Anda. Malahan menambah kalori dan meninggalkan rasa lapar.

Frozen yoghurt
Jika ditanya makanan apa yang sedang hits, froyo pasti masuk dalam daftar teratas. Selain rasanya yang lezat, froyo juga diminati karena memiliki tingkat kalori dan lemak yang lebih minim. Eits, jangan senang dulu. Pertanyaanya, toping apa yang Anda gunakan. Bila jawabannya mochi, oreo, chocolate chip, atau buah kaleng, maka sama saja akan menambah kalori. Next time, minta potongan buah segar atau almond ya!

Salad
Seperti yang sudah Cosmo bilang tadi, salad memang sehat. Tapi pada kondisi tertentu ya, misalnya naked veggies. Saat Anda menambahkan dressing seperti mayonnaise, keju, kacang, potongan roti kering, dan potongan daging ayam atau bacon, salad ini sudah tidak sehat lagi. Bisa dibilang, seporsi salad yang kaya dengan tambahan ini memiliki kalori yang sama dengan satu porsi oversized pasta.

Jus
Ahli gizi memang merekomendasikan Anda untuk menambahkan buah pada makanan harian. Tapi buah yang dimaksud itu bukan berupa jus lho. Apalagi jus yang dijual dalam kemasan. Sebotol besar jus jeruk atau apel itu bisa mengandung 55 gram karbohidrat, sama dengan lima potong roti! Gula yang digunakan juga tak kalah banyak dari teh kemasan. Lebih baik mengonsumsi buah segar yang kaya akan vitamin dan serat. Mudah, bukan?

Kopi
Let’s go to the coffee shop. Hmmm, ajakan yang sulit untuk ditolak. Menikmati secangkir kopi di sore hari sembari ngobrol santai bersama clique. Perfect! Agar tidak gemuk, Anda pun meminta kopi dengan campuran half-and-half, setengah susu dan setengah krim. Tapi tambahan sirup vanili atau cokelat pada kopi juga tak pernah ketinggalan. Plus, whipped cream dan karamel. Waduh! Secangkir kopi Anda kok jadi seberat ini?
buah anggur segar memiliki 60 kalori, sedangkan satu cup kismis mengandung sekitar 460 kalori. See?
http://www.cosmopolitan.co.id/index.php?mod=health&com=view_artikel&k=37&tokenid=1c54985e4f95b7819ca0357c0cb9a09f

Tidak ada komentar:

Posting Komentar